8 Cara Memasak yang Merusak Kandungan Gizi Makanan

Foto: sheknows.com

Cara memasak mempengaruhi nutrisi makanan yang diolah. Bila tidak tepat mengolahnya, makanan sehat bisa jadi tidak sehat lho!

Mengonsumsi buah, sayur, ikan atau daging segar memang menyehatkan. Tapi jangan sampai salah mengolahnya. Pasalnya ada beberapa cara masak yang membuat bahan makanan sehat jadi kehilangan nutrisinya. Apa saja?

  1. Masak sayuran terlalu lama
    Hal ini mungkin sering dilakukan banyak orang. Memasak sayuran terlalu lama hingga lembek bisa menghilangkan sebagian besar nutrisinya. Hindari merebus sayuran terlalu lama. Cara terbaik adalah dengan menumisnya sebentar agar nutrisinya tidak hilang.
  2. Pakai terlalu banyak bumbu
    Pemakaian bumbu memang membuat rasa masakan lebih enak. Tapi kalau terlalu banyak bisa bikin asupan sodium berlebih. Misalnya menambahkan terlalu banyak garam, kaldu ayam dan kecap ke dalam masakan. Terlalu banyak konsumsi sodium berkaitan dengan penyimpanan air di dalam tubuh.
  3. Pakai minyak dengan titik asap rendah
    Tidak semua minyak cocok untuk menggoreng. Minyak zaitun, misalnya, memiliki titik asap rendah sehingga tidak cocok dipakai menggoreng. Minyak dengan titik asap rendah berarti begitu mencapai temperatur tertentu akan terbakar dan menghasilkan zat berbahaya.
  4. Mengupas kulit buah dan sayuran
    Beberapa jenis buah dan sayuran paling bagus dikonsumsi bersama kulitnya. Sebut saja kentang, wortel, mentimun dan apel. Ini karena di dalam kulit buah dan sayuran itu terkandung banyak vitamin dan mineral.
  5. Tidak mencuci buah dan sayur dengan benar
    Mencuci buah dan sayur penting sebelum mengolahnya. Pencucian yang tepat bisa bantu menyingkirkan pestisida yang mungkin terkandung pada buah dan sayur.
  6. Pakai mentega untuk menambah rasa masakan
    Menambahkan mentega dalam masakan membuat rasanya lebih gurih enak. Sayangnya hal ini kurang menyehatkan karena mentega tinggi kalori dan mengandung lemak jenuh yang kurang baik untuk kesehatan.
  7. Memanaskan madu
    Madu jadi alternatif pemanis alami selain gula. Tapi hindari mengolah madu dalam temperatur tinggi karena panasnya bisa merusak enzim dalam madu. Hal ini akan menurunkan manfaat kesehatan madu.
  8. Pakai terlalu banyak minyak
    Tanpa sadar mungkin Anda sering menambahkan minyak ke dalam masakan. Padahal menambahkan sesendok makan minyak goreng sama saja dengan menambah kalori hingga 100-150.

Sumber: https://food.detik.com/info-sehat/d-3994419/8-cara-memasak-ini-bikin-makanan-sehat-jadi-tidak-sehat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *